JURNAL EMBA : JURNAL RISET EKONOMI, MANAJEMEN, BISNIS DAN AKUNTANSI
Vol. 10 No. 4 (2022): JE. VOL 10 NO 4 (2022)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA UD. WERY BAKERY MIGA KOTA GUNUNGSITOLI

Hati Murni Pasti Berkat Waruwu (Universitas Nias)
Nov Elhan Gea (Universitas Nias)
Ratna Natalia Mendrofa (Universitas Nias)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen serta untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD. Wery Bakery di Miga Kota Gunungsitoli. Variabel bebas dalam peneliti ini adalah kualitas pelayanan dan Variabel terikat adalah kepuasan konsumen. Dalam pelaksanaan penelitian ini, peneliti menggunakan metode kuantitatif yaitu metode penelitian yang berdasarkan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang ditetapkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada UD. Wery Bakery di Miga Kota Gunungsitoli diatas, maka peneliti membuat kesimpulan bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap kepuasan konsumen pada UD. Wery Bakery Miga Kota Gunungsitoli. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada UD. Wery Bakery Miga Kota Gunungsitoli diatas, maka peneliti membuat kesimpulan bahwa kualitas pelayanan memiliki hubungan yang sangat signifikan terhadap kepuasan konsumen pada UD. Wery Bakery Miga Kota Gunungsitoli, berdasarkan hasil penelitian di peroleh hasil jawaban sementara dari uji hipotesis telah di buktikan dengan perhitungan kehandalan koefisien korelasi dengan statistik uji t dengan dk = 40-2 yakni 38 pada taraf signifikan a = 0,05 dimana thitumg > ttabel yaitu 7,840>2,024. Jadi terbukti bahwa hipotesis yang diterima adalah Ha, yaitu ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD. Wery bakery Miga Kota Gunungsitoli pada taraf signifikan a =0,05 dimana thitung > ttabel yaitu 7,840>2,024. Jadi terbukti bahwa hipotesi yang dirima adalah Ha yaitu ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada UD. Wery Bakery Miga kota Gunungsitoli. Kata kunci: Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

emba

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal EMBA merupakan terbitan berkala sebagai sarana untuk menyebarluaskan hasil penelitian dan ilmu pengetahuan dibidang ekonomi. Diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univeristas Sam Ratulangi Manado. Jurnal ini diterbitkan 4 kali setahun, sejak tahun 2012. Setiap artikel direview oleh ...