Untuk memaksimalkan potensi penjualan produk fashion muslim di DKI Jakarta melalui e-commerce sebagai salah satu strategi peningkatan aktivitas dunia usaha yang dicanangkan oleh pemerintah dalam Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), stakeholder, dalam hal ini pemerintah dan pelaku usaha, perlu mengetahui pola penjualan produk fashion muslim. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara deskriptif penjualan produk fashion muslim di DKI Jakarta melalui e-commerce dan membangun information dashboard menggunakan javascript untuk visualisasi data serta json untuk menyimpan data. Data yang digunakan adalah data penjualan produk fashion muslim di wilayah DKI Jakarta pada 19 April-11 Mei 2021 yang diambil dengan metode web-scraping pada website Tokopedia. Information dashboard pada penelitian ini berhasil dibangun dengan performa baik. Secara umum, penjualan produk fashion muslim cenderung tinggi di awal dan di pertengahan bulan Ramadhan. Wilayah DKI Jakarta dengan kontribusi penjualan produk fashion muslim terbanyak adalah Jakarta Pusat, sedangkan wilayah dengan omset penjualan produk fashion muslim tertinggi adalah Jakarta Barat.
Copyrights © 2021