Ekonomi Bisnis
Vol 27, No 3 (2022)

UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI PEMODERASI PENGARUH KINERJA KEUANGAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SUB SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN)

Diana Sari (Universitas Gunadarma)
Syafirasari Rizki Hanafi (Universitas Gunadarma)
Rina Nofiyanti (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
26 Nov 2022

Abstract

Nilai perusahaan merupakan indikator penting dalam persepsi investor terhadap tingkat keberhasilan suatu perusahaan, dan memberikan kepercayaan investor untuk menanamkan modal pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, pengaruh profitabilitas dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan ukuran perusahaan sebagai variabel moderasi pada perusahaan subsektor makanan dan minuman periode 2016-2020. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi  dalam  penelitian yaitu perusahaan subsektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2020,  sampel yang diperoleh sebanyak 12 perusahaan. Penelitian menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan perusahaan. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dan analisisi regresi moderasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa secara parsial dan simultan, variabel profitabilitas, dan leverage berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Ukuran perusahaan dapat memoderasi pengaruh profitabilitas terhadap nilai perusahaan, namun ukuran perusahaan tidak dapat memoderasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ekbis

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is a journal through a peer-review process. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis is intended for academics and researchers to publish their articles which is an original text that has not been published in another journal. The focus and scope are in the fields of management, ...