Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Vol 19, No 2 (2022): Mei

Pengaruh earning per share, profitabilitas, leverage, dan sales growth terhadap nilai perusahaan pada industri makanan dan minuman yang terdaftar dalam bursa efek Indonesia (BEI)

Merciana Putri (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman Samarinda, Indonesia)
Aspyan Noor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.)



Article Info

Publish Date
24 May 2022

Abstract

Pengaruh Earning Per Share, Profitabilitas, Leverage, dan Sales Growth Terhadap Nilai Perusahaan Pada Industri Makanan dan Minuman yang Terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Di bawah bimbingan Bapak Aspyan Noor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh earning per share, profitabilitas, leverage, dan sales growth terhadap nilai perusahaan pada industri makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam menentukan pemilihan sampel. Sebanyak 10 perusahaan dari 24 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan 6 tahun pengamatan, yaitu mulai 2015 hingga 2020, diperoleh 60 sampel penelitian. Signaling theory merupakan teori dasar yang digunakan untuk menjelaskan hubungan antar variabel. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menemukan bahwa earning per share, profitabilitas yang diproksikan dengan return on equity, dan sales growth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan leverage yang diproksikan dengan debt to equity ratio memiliki pengaruh negatif tidak signifikan terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

KINERJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...