Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan membuktikan secara empiris pengaruh corporate social responsibility, transfer pricing dan koneksi politik terhadap tax avoidance. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan data sekunder berupa laporan tahunan dan laporan keberlanjutan yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan cara dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi logistik dengan bantuan software E-views versi 9 untuk pengolahan data. Populasi dalam penelitian ini pada perusahaan indeks kompas 100 tahun 2019-2021. Teknik sampel data menggunakan teknik purposive sampling, yang dijadikan sampel penelitian adalah 15 perusahaan dengan pengamatan selama 3 tahun sehingga total data sebanyak 45 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan corporate social responsibility, transfer pricing dan koneksi politik berpengaruh terhadap tax avoidance. Sedangkan secara parsial transfer pricing dan koneksi politik berpengaruh terhadap tax avoidance, sedangkan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap tax avoidance.
Copyrights © 2022