AbstrakTujuan dari penelitian ini sendiri adalah untuk 1) Mengetahui pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Darma Nusantara Kabupaten Maros. 2) Mengetahui pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Darma Nusantara Kabupaten Maros. Adapun yang menjadi objek penelitian ini adalah pada Hotel Darma Nusantara. Populasi dalam penelitian sebanyak 1350 pelanggan. Jumlah sampel dalam penelitian ditentukan berdasarkan rumus Slovin 93,10 dibulatkan 100 responden. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah berdasarkan uji hipotesis dapat dikatakan bahwa kebijakan harga dengan kepuasan pelanggan dapat dikatakan mempunyai pengaruh yang signifikan. Dalam uji signifikan antara promosi dengan kepuasan pelanggan, maka diperoleh nilai þvalue = 0.000. selain itu memiliki nilai thitung = 3,889 dan ttabel = 1,661, karena nilai thitung 3,889 > ttabel 1,661, serta memiliki nilai þvalue 0.000 < 0.05. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa promosi dengan kepuasan pelanggan dapat dikatakan mempunyai pengaruh yang signifikan. Hasil pengujian model regresi untuk keseluruhan variabel menunjukkan nilai F hitung = 24,284 dengan signifikansi 0.000. Dengan menggunakan batas signifikansi 0.05, nilai signifikansi tersebut lebih kecil dari 0.05. Dengan arah koefisien positif, dengan demikian dapat diterima bahwa hipotesis yang menyatakan bahwa harga dan promosi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan dapat diterima Kata Kunci: Harga, Promosi, Kepuasan Pelanggan.
Copyrights © 2022