KMP. ROKANTENDA merupakan jenis kapal Ferry Ro-Ro yang memiliki rute pelayaran Ambon – Seram. Berdasarkan dokumen kapal, KMP. ROKATENDA saat ini telah beroperasi selama 28 tahun dengan berbagai kerusakan yang telah di alami oleh kapal tersebut tetapi penanganan perbaikan belum dilakukan secara optimal sehingga pada tahun 2020 saat dok tahunan ternyata didapati ada masalah pada diameter baling-baling yang mengalami pengurangan diameter yang dari 1,219 m menjadi 1,131 m. Untuk mendapatkan gaya dorong optimal aspek yang harus di perhatikan salah satunya adalah diameter baling-baling. Kerusakan baling-baling berpengaruh terhadap performance dari kapal, dimana daya yang ditransferkan dari mesin induk tidak dapat di serap secara maksimal. Sehingga Perlu dilakukan Tinjauan Pengaruh Perubahan diameter baling-baling terhadap gaya dorong KMP. ROKATENDA untuk mengetahui berapa besar pengaruh perubahan diameter baling-baling terhadap gaya dorong KMP. ROKATENDA. Penelitian menggunakan metode observasi lapangan,wancara dan pengolahan data Syang dilakukan maka mendapatkan Thrust dengan daya 1 motor induk 650 HP, diameter awal 1,219 m, KT 0,2 dan KQ 0,04, P/D 0.93 Thrust sebesar 525,897 N. Dimeter setelah mengalami pengurangan 1,131 m, KT 0,21 dan KQ 0,41 P/D 0,91 Thrust sebesar 452,196 N. Dilakukan perbandingan terlihat adanya pengurangan nilai Thrust sebesar 147 N dari diameter normal. Dari hasil perhitungan yang ada maka diameter baling-baling terbaik untuk menghasilkan Thrust sebesar 904,393 N pada KMP. ROKATENDA adalah diameter 1,219 m dengan daya terpasang sebesar 2 x 650 HP.
Copyrights © 2022