Konvergensi media merupakan suatu keharusan bagi media televisi di tengah kemajuan teknologi teknologi informasi dan komunikasi. Perilaku masyarakat yang lebih banyak memilih media sosial dalam mengakses berita, informasi dan hiburan telah disikapi oleh JogjaTV dengan melakukan konvergensi media. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ruang lingkup konvergensi Jogja TV dan media sosial, dan problem yang dihadapi pengelola dalam konvergensi Jogja TV dan media social. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observsi, dan studi dokumentasi. Data dari hasil wawancara dan observasi yang diperoleh secara langsung dari informan. Observasi dilakukan dengan cara mengamati objek yang diteliti yaitu kegiatan (aktivitas) konvergensi. Dokumentasi dilakukan dengan cara menelusuri dan mempelajari dokumen atau catatan terkait dengan konvergensi JogjaTV dengan media sosial. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konvergensi JogjaTV dengan media social dilakukan dengan membuka official channel di youtube dan instagram. JogjaTV melakukan konvergensi sederhana yaitu dengan mengunggah acara-acara yang disiarkan JogjaTV ke youtube. Guna memudahkan penonton menemukan program acara, official channel JogjaTV di youtube membuat kategori live streaming, video viral, live streaming sebelumnya, upload social, berita terkini seputar jogja, hiburan, budaya, expose jogja, dan dialog studio. Hambatan yang dihadapi JogjaTV dalam melakukan konvergensi menghadapi hambatan baik dari sisi teknologi ketika ada gangguan internet saat live streaming, keterbatasan SDM yang mengelola media social, dan keterbatasan anggaran untuk melakukan konvergensi ke level yang lebih baik lagi.
Copyrights © 2022