Perubahan layanan bebas pinjam di UPT Perpustakaan dan Undip Press dalam kurun waktutahun 2019 sampai dengan tahun 2022, antara lain dipengaruhi pandemi akibat Covid-19.Kajian ini menganalisis bagaimana layanan bebas pinjam sebelum pandemi, saat pandemimaupun saat menuju masa transisi menuju normal. Selain itu untuk mengetahui sistempermohonan bebas pinjam seperti apa yang paling dibutuhkan civitas akademika UniversitasDiponegoro. Metode kajian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulandata berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan data statistik sebagai tambahan. Hasilkajian menunjukkan bahwa di masa sebelum pandemi, masa pandemi, dan masa transisimemberikan dampak terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) dan berdampak padatingkat kesulitan mahasiswa dalam mengakses layanan. Model layanan bebas pinjam onlinedianggap paling efektif diterapkan dalam beragam kondisi, ini menjadi pilihan terbaik padalayanan bebas pinjam UPT Perpustakaan dan Undip Press.Kata Kunci: Perubahan Layanan Bebas Pinjam, Layanan Bebas Pinjam Online, Layanan Bebas Pinjam Masa Pandemi, SOP Layanan Bebas Pinjam.
Copyrights © 2022