Latar Belakang: Pelayanan keperawatan yang didasari perilaku caring perawat mampu meningkatkan kualitas pelayanan, dengan kualitas pelayanan akan berdampak pada kepuasan pasien. Studi pendahuluan terhadap 10 pasien diketahui kepuasan pasien baru 40% saja yaitu pasien mengaku puas dengan pelayanan keperawatan dan 60% belum puas, hal ini menunjukkan bahwa masih ada pasien yang tidak puas terhadap pelayanan keperawatan yang diberikan, dan penyebabnya adalah perilaku caring yang diberikan masih kurang memuaskan. Tujuan: Mengetahui pengaruh perilaku caring dan kualitas pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan pasien. Metode: Jenis penelitian deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi seluruh pasien di Ruang Kelas III RS Griya Husada Madiun sebanyak 106 pasien, diambil sampel 51 orang dengan teknik purposive sampling. Alat analisis dengan analisis deskriptif, uji t-test, analisis regresi berganda dan uji F-test. Hasil: (1) Perilaku caring sebagian besar tergolong cukup sebanyak 30 orang (58,8%); (2) Kualitas pelayanan sebagian besar tergolong cukup sebanyak 35 orang (68,6%); (3) Ada pengaruh perilaku caring terhadap kepuasan pasien (thit = 3,538; r = 0,001); (4) Ada pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (thit = 7,848; r = 0,000); (5) Ada pengaruh antara perilaku caring dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien (Fhit = 36,586; r = 0,000). Kesimpulan: Ada pengaruh antara perilaku caring dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien di RS Griya Husada Madiun. Kata kunci: Perilaku caring, Kualitas pelayanan, Kepuasan pasien
Copyrights © 2022