Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya
Vol 20, No 2 (2022): Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya

Pengaruh Tingkat Pengetahuan, Tingkat Religiusitas dan Akuntabilitas Masyarakat dalam Berdonasi Sisa Uang Kembalian Terhadap Minat Belanja di Hari Berikutnya (Studi Kasus pada Pelanggan Alfamart di Daerah Branch Karawang)

Asmaul Janah (univesitas gunadarma)
Sutan Emir Hidayat (Universitas Gunadarma)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2022

Abstract

Tujuan penelitian – Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh tingkat pengetahuan, tingkat religiusitas dan akuntabilitas masyarakat terhadap penarikan uang kembalian belanja baik secara parsial maupun secara simultan untuk donasi terhadap minat belanja di hari berikutnya Desain/Metodologi/Pendekatan – Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuisioner. Temuan – Penelitian ini ditemukan bahwa tingkat pengetahuan (X1) dan akuntabilitas (X3) memiliki koefisien positif dan berpengaruh secara parsial terhadap minat belanja konsumen Alfamart di hari berikutnya. Sedangkan religiusitas (X2) memiliki koefisien positif tetapi tidak berpengaruh secara parsial terhadap minat belanja konsumen Alfamart di hari berikutnya. Kemudian tingkat pengetahuan (X1), tingkat religiusitas (X2) dan akuntabilitas (X3) memiliki koefisien positif dan berpengaruh secara simultan terhadap minat belanja konsumen di hari berikutnya. Keterbatasan penelitian – kurangnya variable dan cakupan sampel yang digunakan. Originality/value – Penelitian ini memberikan gambaran tentang Knowledge, Religiosity, Accountability, Donation, Purchase Intention . Keywords : Knowledge, Religiosity, Accountability, Donation, Purchase Intention

Copyrights © 2022