Jurnal Mirai Management
Vol 7, No 2 (2022)

Strategi Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Selatan dalam Meningkatkan Kepatuhan Pemerintah Kota Makassar terhadap Standar Pelayanan Publik

Muhammad Afrisal ((Orc ID : https://orcid.org/0000-0003-0155-2555) (Sinta ID : 6675772) STIE Amkop Makassar)
Romansyah Sahabuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2022

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan pelayanan publik di Kota Makassar, pada dasarnya pemerintah telah beberapa kali melakukan upaya perbaikan. Salah satu wujud nyata upaya pemerintah tersebut yaitu dengan dibentuknya Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan. Pembentukan Ombudsman ini dimaksudkan agar penyelenggaraan pelayanan publik dapat diawasi, dan menjadi wadah pengaduan masyarakat, sehingga kedepannya terwujud pelayanan yang berkualitas khususnya di Kota Makassar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tujuan pengawasan yang dilakukan oleh ombudsman untuk memastikan bahwa seluruh instansi penyelenggara pelayanan publik di Kota Makassar melaksanakannya sesuai dengan UU No. 25/2009 tentang Pelayanan publik. Memastikan bahwa seluruh masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang berkuaitas, murah, merata dan terjangkau. Memastikan bahwa tidak ada praktik maladministrasi yang berpotensi merugikan masyarakat pengguna layanan di Kota Makassar. Memastikan bahwa seluruh aparat pemerintah memberikan pelayanan kepada masyarakat mengacu pada SOP yang dibuat. Kata kunci : Strategi; Ombudsman; Kepatuhan; Pemerintah Kota Makassar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

mirai

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Mirai Management adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan Program Pascasrajan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) AMKOP Makassar terbit perdana sejak tahun 2016. ...