Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial
Vol 9, No 2 (2022): Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH GEOGRAFI SOSIAL BERBASIS E-BOOK

Suherdiyanto Suherdiyanto (IKIP PGRI Pontianak)
Adhitya Prihadi (Unknown)
Fheerdhy Alkadita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Dec 2022

Abstract

Media merupakan alat yang dapat dimanfaatkan untuk mempermudah proses bagian integral dari bidang pendidikan. Media sangat berguna untuk menggambarkan subjek agar lebih jelas, lebih pendek, dan lebih menyenangkan. Karena ketersediaan dan kebutuhan smartphone di perguruan tinggi, penggunaan sumber belajar berbasis e-book dipilih. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui tingkat kelayakan ahli materi pada media pembelajaran   berbasis e-book, 2) Untuk mengetahui kelayakan ahli media pada media pembelajaran   berbasis e-book. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Keseluruhan rata-rata penilaian aspek materi oleh para ahli materi diperoleh nilai 76,94. Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25 skor ≤100% dengan kategori layak, serta keseluruhan rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 80,3, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25 skor ≤100% dengan kategori sangat layak. 2) efektivitas penggunaan media pembelajaran e-book menghasilkan perhitungan n-gain sebesar 0,46 dengan kategori sedang. Hasil demikian dapat membantu kegiatan pembelajaran namun terdapat kendala yang harus dikembangkan lagi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sosial

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Jurnal ini berisi tentang kajian-kajian hasil pemikiran ataupun hasil penelitian Pendidikan ...