Stress akademik merupakan suatu situasi dimana siswa tidak mampu menghadapi tuntutan akademik dan  mempersepsi tuntutan-tuntutan akademik yang diterima sebagai gangguan. Kemudian mahasiswa tahap akhir juga memiliki kewajiban untuk menyelesaikan skrispsi sebagai syarat kelulusan dimana untuk menyelesaikan skripsi memiliki berbagai kesulitan untuk mengerjakannya. Kualitas tidur merupakan suatu kondisi dimana kemampuan seseorang dalam keadaan tidur mampu tercukupi fase NREM (Non Rapid Eye Movement) dan REM (Rapid Eye Movement). Akibat dari tuntutan akademik yang dialami mahasiswa menyebabkan mereka sering begadang untuk untuk menyelesaikan tugas akhir atau skripsi dan tidak tercukupi nya fase NREM (Non Rapid Eye Movement) dan REM (Rapid Eye Movement) sehingga mahasiswa mengalami kualitas tidur yang buruk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan stres akademik dengan kualitas tidur mahasiswa Fakultas Kedokteran tingkat akhir di Universitas Abulyatama Tahun 2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 155 responden dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara total sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni tahun 2022. Instrumen penelitian menggunakan SASS (Student Academic Stress Scale) dan PSQI (Pittsburg Sleep Quality Index). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa yang mengalami stres akademik dengan kualitas tidur mahasiswa Fakultas Kedokteran tingkat akhir di Universitas Abulyatama tahun 2022 didapatkan P-value = 0,00 (P< 0,05). Dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan stres akademik dengan kualitas tidur mahasiswa Fakultas Kedokteran tingkat akhir di Universitas Abulyatama tahun 2022. Diharapkan untuk mahasiswa agar dapat mengelola waktu melakukan suatu kegiatan akademik supaya tidak mengalami stres akademik yang berdampak dengan kualitas tidur mahasiswa.Kata kunci: Kualitas Tidur, Mahasiswa Tingkat Akhir, Stres Akademik.Academic stress is a situation where students are unable fulfilling their academic demands and view the academic demands as distractors. The final-year students have to submit their thesis as a partial fulfillment requirement for finishing their qualification degree as medical students with a certain level of difficulty. Sleep quality defines as a condition where the individuals have the necessary amount of sleep specifies by Non-Rapid Eye Movement (NREM) and Rapid Eye Movement (REM). These academic demands force final-year students to stay up late to finish their assignments and thesis. In the end, these condition leads the students to have poor sleep quality causes them to have less NREM and REM. This study aims to find the relation between academic stress and sleep quality of final-year students in the Faculty of Medicine, Abulyatama University, 2022. This study was designed as a quantitative with correlation descriptive and cross-sectional research designs. The sample was 155 students that were taken with the total sampling technique. This research was conducted in June 2022. The Student Academic Stress Scale (SASS) and Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI) were used as the research instruments. The result showed the relation between academic stress with sleep quality of the final-year students by the P-value = 0, 00 (P< 0, 05). This number indicated that there is a relationship between students' academic stress and their sleep quality. Based on the result, this study suggests that the students have to be able to manage their time wisely to finish all of their academic work; So, they can minimize the stress level they might encounter as an effect on their sleep quality.Keywords: Sleep Quality, Final-Year Students, Academic Stress
Copyrights © 2022