Kenaikan pangkat dapat memberikan motivasi bagi pegawai untuk meningkatkan kinerjanya. Pada prosesnya, pengajuan kenaikan pangkat memerlukan waktu yang relatif lama, seperti di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sukabumi, pegawai harus bolak-balik mengirim dan melengkapi kekurangan berkas serta mengecek status pengajuan kenaikan pangkat secara berkala. Oleh karena itu diperlukan inovasi sistem yang dapat mempermudah pegawai dalam melakukan pengajuan kenaikan pangkat. Sistem pengajuan kenaikan kepangkatan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sukabumi dirancang berbasis website yang menerapkan metode agile development model scrum dengan beberapa tahapan, yakni: backlog, sprints, scrum meeting dan demos. Hasilnya sistem ini memudahkan pegawai dalam melakukan pengajuan kenaikan pangkat serta menerima notifikasi pengajuan dan lebih efektif bagi petugas atau admin dalam melakukan proses pengecekan dan verifikasi data pengajuan pegawai. Hasil dari penelitian ini Proses pemeriksaan dan verifikasi berkas kepangkatan serta pengiriman notifikasi status pengajuan di sistem informasi pengajuan kepangkatan pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Sukabumi menjadi lebih efektif dan efisien.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022