SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains
Vol 8, No 2 (2022): SPEKTRA: Jurnal Kajian Pendidikan Sains

PENERAPAN KEMAMPUAN MULTIREPRESENTASI DAN KOMUNIKASI LISAN MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA UNTAN PADA KULIAH FISIKA DASAR II

Stepanus Sahala Sitompul (Universitas Tanjungpura)
firdaus firdaus (Universitas Tanjungpura)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang kemampuan multirepresentasi dan sekaligus hubungannya dengan kemampuan komunikasi lisan mahasiswa Pendidikan Fisika FKIP Untan pada kuliah Fisika Dasar II. Manfaat penelitian ini adalah sebagai acuan bagi dosen untuk memahami kemampuan multirepresentasi mahasiswa dalam pemecahan masalah fisika dasar II tentang geometri optik. Perkuliahan diharapkan membenahi dan meningkatkan kualitasnya dalam mengajar mahasiswa melalui model pembelajaran baru yang diciptakannya (model pembelajaran PBM). Penelitian ini merupakan gabungan penelitian kualitatif dan kuantitatif, penelitian kualitatif digunakan untuk memperoleh data, sedangkan jenis penelitian yang digunakan untuk memperoleh data kuantitatif pada data utama. Jenis penelitian kuantitatif dalam penelitian ini dimaksudkan sebagai komponen kecil yang membantu untuk menggambarkan situasi belajar yang diteliti. Hasil penelitian ini pada akhirnya dapat menjadi acuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dan mengembangkan pembelajaran yang baik di perkuliahan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

spek

Publisher

Subject

Astronomy Chemistry Education Physics

Description

The Spektra: Jurnal Kajian Pendidikan Sains is dedicated to all science practitioners about studies and research of science. Various topics that can be accepted in this journal are: Physics Education, Chemistry Education, Biology Education, Media Development and Learning, Model Evaluation and ...