Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik
Vol 7, No 2 (2022): Mei 2022

PERSEPSI MAHASISWA UNIVERSITAS SYIAH KUALA PADA TAYANGAN VLOG "ATTA GREBEK RUMAH" DI YOUTUBE

Muhammad Radinal Sufri (Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosisal dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala)
Nur Anisah (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik)



Article Info

Publish Date
19 Oct 2022

Abstract

ABSTRAKKomunikasi yang efektif tidak hanya merangkai kata tetapi dibutuhkan suatu pertimbangan bagaimana sebuah pesan akan dipersepsikan oleh seorang individu, oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat persepsi yang dimiliki mahasiswa Universitas Syiah Kuala pada tayangan vlog “Atta Grebek Rumah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori penggunaan dan pemenuhan kepuasan (Uses and gratification). Metode dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yakni penelitian yang mengungkapkan situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar melalui kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan data dan analisis yang relevan. Dalam penelitian ini terdapat 6 (enam) orang informan yaitu mahasiswa aktif Universitas Syiah Kuala yang telah menonton minimal 6 (enam) tayangan vlog dari “Atta Grebek Rumah” di youtube.  Dalam pemilihan informan penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sedangkan untuk menganalisis data, menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Dari penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi yang ditimbulkan setelah menonton vlog “Atta Grebek Rumah” adalah munculnya beberapa efek seperti, efek kognitif, afektif dan behavioral. Biasanya efek ini memiliki nilai positif atau negatif berdasarkan dari penonton tayangan vlog itu sendiri. Kata Kunci : Persepsi, Vlog, Youtube, Mahasiswa Universitas Syiah Kuala Perceptions of Syiah Kuala University students on the vlog "Atta Grebek Rumah" in YoutubeABSTRACTEffectiveness of communication does not only string words but requires a consideration of how a message will be perceived by an individual, therefore, this study aims to see the perceptions of Syiah Kuala University students on the vlog show "Atta Grebek Rumah. The theory used in this research is the use and gratification theory. The method in this research is descriptive qualitative, namely research that reveals certain social situations by describing reality correctly through words based on relevant data collection and analysis techniques. In this study, there were 6 (six) informants, namely active students of Syiah Kuala University who had watched at least 6 (six) vlog shows from "Atta Grebek Rumah" on youtube. In selecting the informants, this research used purposive sampling method, while to analyze the data, Miles and Huberman data analysis model was used. From the research, it can be concluded that the perception generated after watching the vlog "Atta Grebek Rumah" is the emergence of several effects such as cognitive, affective and behavioral effects. Usually this effect has a positive or negative value based on the viewer of the vlog itself. Keywords: Perception, Vlog, YouTube, Syiah Kuala University Students

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

FISIP

Publisher

Subject

Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

JIMFISIP menerbitkan artikel ilmiah mahasiswa dari delapan Program Studi, yaitu Prodi Sosiologi, Prodi Ilmu Komunikasi, Prodi Ilmu Politik dan Prodi Ilmu Pemerintahan. JIMFP terbit satu volume dan empat nomor dalam setahun, yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan ...