Gulawentah:Jurnal Studi Sosial
Vol. 7 No. 2 (2022)

Strategi Komunikasi Pemasaran Produk BRImo Di PT Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Purwokerto

Yuliani, Ariska (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi meningkatkan aktivitas masyarakat ke ranah digital. Hal ini dipercepat dan menjadi sebuah kebutuhan akibat pandemi covid 19 yang memaksa untuk physical distancing. Aktivitas masyarakat bergeser dari offline menjadi online. Situasi ini mendorong perusahaan-perusahaan menciptakan produk digital guna memenuhi kebutuhan masyarakat, tidak terkecuali PT BRI dengan aplikasi digital BRImo. Di tengah persaingan yang ketat antarbank, BRI memiliki strategi untuk memasarkan produk BRImo kepada masyarakat. Artikel ini membahas tentang strategi komunikasi pemasaran produk BRImo di PT BRI KC Purwokerto. BRImo merupakan integrasi dari beberapa aplikasi online bank BRI yang diciptakan untuk meningkatkan layanan perbankan terhadap masyarakat khususnya nasabah bank BRI. Tujuan dari penelitian ini adalah menemukan dan mengembangkan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan BRI KC Purwokerto kepada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teori komunikasi pemasaran dan teori uses and gratifications digunakan sebagai pendekatan dalam melakukan penelitian terkait komunikasi pemasaran aplikasi BRImo. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi, dengan melakukan observasi, wawancara dengan informan yang merupakan pekerja PT BRI KC Purwokerto dan dokumentasi. Lokasi penelitian dilakukan di PT BRI KC Purwokerto, salah satu kantor cabang PT BRI (Persero), Tbk di wilayah Kabupaten Banyumas. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan BRI KC Purwokerto adalah melakukan akuisisi produk BRImo secara langsung dengan memanfaatkan sumber daya manusia yaitu pekerja dan nasabah BRI KC Purwokerto. Pekerja diwajibkan menggunakan BRImo untuk bertransaksi dan melakukan cross selling produk BRImo terhadap nasabah eksisting maupun baru. Cross selling dilakukan oleh tenaga pemasar dan CS.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gulawentah

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

gulawentah: Jurnal Studi Sosial with regitered number ISSN : 2528-6893 (print) , e-ISSN : 2528-6871 is scientific journals which publish articles from the fields social science and social science ...