JUANG: Jurnal Wahana Konseling
Vol 5, No 2 (2022): JUANG: Jurnal Wahana Konseling

Studi Tentang Tugas Perkembangan Siswa dalam Program Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 3 Bringin Kabupaten Semarang

Christina Arinda Putri (Universitas Kristen Satya Wacana)
Umbu Tagela (Universitas Kristen Satya Wacana)
Yustinus Windrawanto (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah program layanan dasar bimbingan dan konseling di SMP Negeri 3 Bringin sudah mengakomodasi semua konsep tugas perkembangan siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif analitik. Subyek penelitian terdiri dari satu Kepala Sekolah dan dua Guru Bimbingan dan Konseling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan studi dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ditemukan bahwa hanya beberapa aspek tugas perkembangan siswa yang terakomodasi dalam layanan dasar bimbingan konseling. Aspek tersebut adalah (1) landasan hidup religius, (2) landasan perilaku etis, (3)  kesadaran gender, dan (4) kematangan hubungan teman sebaya, dan (5) wawasan dan kesiapan karier. Sementara aspek perkembangan siswa yang belum terakomodasi dalam layanan dasar adalah (1) kematangan emosi, (2) kematangan intelektual, (3) kesadaran tanggungjawab sosial, (4) kesadaran gender, dan (5) perilaku kewirausahaan (kemandirian perilaku ekonomis).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

juang

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JUANG: JURNAL WAHANA KONSELING JUANG merupakan jurnal konseling yang diterbitkan oleh Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas PGRI Palembang. Tujuan dari jurnal ini adalah mempublikasikan artikel atau karya ilmiah berupa penulisan teoritis dan praktis, serta hasil penelitian baik ...