Permasalahan yang diteliti berdasarkan fenomena di lapangan, seperti: sulitnyapenyesuaian diri dengan diri sendiri, guru, teman dan lingkungan sekitar, kesulitan dalam belajar,dan peserta didik tidak mau tahu dengan peran dan tanggung jawabnya sendiri. Dengan adanyapermasalahan tersebut maka kemungkinan terjadinya hambatan dalam tahapan perkembanganpeserta didik, jika tidak diselesaikan dengan baik dapat menimbulkan masalah kesehatan mentalatau mental yang tidak sehat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: 1) Peserta didik yangmemiliki mental sehat, 2) Peserta didik yang memiliki mental tidak sehat.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif yang menggambarkan tentangkeadaan apa adanya. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMK Negeri 6Padang yang berjumlah 320 orang dan teknik pengambilan sampel yaitu Stratified RandomSampling, dengan jumlah sebanyak 76 orang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan untukanalisis data digunakan rumus mean hipotetik.Hasil penelitian mengungkap profil kesehatan mental peserta didik di kelas XI SMKNegeri 6 Padang secara umum pada kriteria cukup sehat. Selanjutnya dilihat dari beberapaindikator yang memiliki mental sehat yaitu merasa nyaman terhadap diri sendiri, merasa nyamanberhubungan dengan orang lain, mampu memenuhi kebutuhan hidup, dilihat dari beberapaindikator yang memiliki mental tidak sehat yaitu bingung peran/penyimpangan psikososial,penyesuaian diri yang negatif/menyimpang dari realita, dan kesulitan belajar.
Copyrights © 2014