Sumber daya manusia memainkan peran penting dalam kegiatan kegiatan organisasi, karena ketiadaan kinerja organisasi sumber daya manusia yang baik mungkin tidak berjalan sesuai rencana. Dengan manajemen sumber daya manusia, organisasi dapat mengelola staf sehingga roda dapat menjalankan kedua kegiatan bisnisnya dan dapat meningkatkan kinerja staf administrasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja dan prestasi kerja staf, termasuk kepemimpinan, tanggung jawab dan lingkungan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan, tanggung jawab dan lingkungan kerja untuk mempengaruhi kepuasan kerja dan kinerja staf. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh staf administrasi rawat inap rumah sakit Abdul Wahab Sjahranie yang berjumlah sebanyak 60 staf. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan metode sensus, yaitu metode pengambilan sampel dengan mengambil semua anggota populasi. Jumlah sampel yang dapat diambil dalam penelitian ini sebanyak 60 orang. Model analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Deskriptif dan Analisis Kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kepemimpinan memiliki efek langsung pada kepuasan staf dan kinerja kerja, 2) Bertanggung jawab memiliki efek langsung pada kepuasan staf dan kinerja kerja, 3) Lingkungan Kerja memiliki efek langsung pada kepuasan staf dan kinerja kerja, 4) Pekerjaan kepuasan memiliki efek langsung pada kinerja staf, 5) Lingkungan kerja memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan staf dan kinerja kerja.
Copyrights © 2019