Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM)
Vol 2, No 1 (2017): April

Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap corporate social responsibility disclosure dan implikasinya tehadap earning per share (EPS) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di bursa efek indonesia

Desi Yana Sari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Lewi Malisan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)
Salmah Pattisahusiwa (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2017

Abstract

Corporate Social Responsibility Disclosure adalah suatu komitmen bisnis untuk memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkelanjutan yang dapat bekerja sama dengan karyawan dan perwakilan mereka, masyarakat sekitar dan masyarakat yang lebih luas untuk meningkatkan kualitas hidup. Kebijakan pengungkapan CSR setiap perusahaan berbeda-beda hal ini dikarenakan karakteristik perusahaan. Tipe industri dibagi menjadi dua yaitu perusahaan dengan tipe industri yang High Profil dan tipe industri yang low profil. Perusahaan High Profil umumnya lebih banyak mendapat sorotan dari masyarakat luas sehingga lebih banyak mengungkapkan pengungkapan CSR-nya. Leverage, perusahaan yang leverage yang tinggi umumnya mengungkapkan lebih CSR-nya untuk mengurangi keraguan para kreditor terhadap terpenuhinya hak-hak mereka. Kepemilikan manajerial, dimana pihak manajemen merasa ikut memiliki perusahaan dan akan lebih mengungkapkan CSR-nya. CSR juga memiliki hubungan terhadap EPS, dimana para investor bukan hanya melihat laporan perusahaan melalui kinerja keuangannya saja tetapi juga melihat dari pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JIAM

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Akuntansi Mulawarman (JIAM) is a scientific journal in the field of Accounting Science published four times a year (in Apr, June, Sept & Nov). Faculty of Economics and Business Mulawarman ...