PRISMA
Vol 11, No 2 (2022): PRISMA Volume 11, No 2 Tahun 2022

Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV)

Munthe, Rawaty Tiarma Indah (Unknown)
Hakim, Dori Lukman (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2022

Abstract

Kemampuan berpikir aljabar adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa untuk dapat memahami dan menyelesaikan persoalan terkait matematika, serta dalam kehidupan sehari-hari. Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir aljabar siswa dalam menyelesaikan masalah materi SPLDV. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode kualitatif deksriptif, dengan subjek sebanyak 6 orang siswa kelas IX di salah satu SMP di Karawang tahun ajaran 2020/2021. Pemilihan subjek didasarkan pada pengelompokkan siswa yaitu kelompok tingkat tinggi, tingkat sedang, dan tingkat rendah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes uraian kemampuan matematika sebanyak 5 buah soal  dan wawancara. Hasil analisis yang diperoleh adalah ada siswa yang memiliki kemampuan berpikir aljabar tinggi yaitu 2 orang siswa dengan presentase 33,33%, siswa yang memiliki kemampuan berpikir aljabar sedang yaitu 3 orang siswa dengan presentase 50,00 %, siswa yang memiliki kemampuan berpikir rendah ada 1 orang dengan presentase 16,76%. Hasil diatas menunjukkan bahwa kemampuan berpikir aljabar siswa di kelas IX tersebut masih kategori rendah karena semua siswa yang tidak mencapai atau memenuhi nilai KKM. Hal itu disebabkan karena siswa masih kesulitan dalam melakukan pemahaman dan penerapan konsep aljabar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

prisma

Publisher

Subject

Mathematics Social Sciences

Description

This journal focuses on mathematics education and disciplined inquiry into the teaching and learning of mathematics. The scope of the journal are: Mathematics Learning Model, Media Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in Mathematics Teaching, ...