Hasil belajar peserta didik dibagi menjadi tiga yaitu ranah kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar matematika peserta didik pada ranah kognitif yang rendah dikarenakan berbagai faktor, salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran yang salah Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada ranah kognitif digunakan media pembelajaran Geometry with Augmented Reality (GO-AR). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar peserta didik yang memperoleh pembelajaran model discovery learning menggunakan media GO-AR lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran model discovery learning menggunakan media alat peraga bangun ruang. Pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di salah satu Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bogor, tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diambil dari kelas VIII, Kedua kelas menggunakan model discovery learning, pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran GO-AR, sedangkan di kelas kontrol menngunakan media alat peraga bangun ruang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar matematika peserta didik yang menggunakan media GO-AR lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan media alat peraga bangun ruang.
Copyrights © 2022