Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Terapan
2022: Energi Terbarukan dan Keberlanjutannya di Berbagai Sektor

Penentuan Jurusan Siswa SMA Menggunakan Metode K-Means++

Pratama Agung Rizaldi (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Maftahatul Hakimah (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)
Tutuk Indriyani (Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin meningkat mempunyai pengaruh besar terhadap sistem pendidikan di sekolah. Hal ini dikarenakan sekolah membutuhkan program yang sangat cepat untuk mengolah data pengelompokkan siswa terhadap jurusan peminatan yang ditawarkan. Pemilihan jurusan yang tepat merupakan hal yang sangat penting bagi siswa karena akan berpengaruh pada cara belajar mereka. Salah satu solusi untuk meminimalisir siswa salah memilih jurusan adalah dengan melakukan analisis data ujian tes masuk jurusan sesuai kemampuan para siswa. Oleh karena itu, tujuan penilitian ini adalah bagaimana mengklasterkan siswa berdasarkan kriteria jurusan yang tersedia. Manfaat penilitian ini diharapkan membantu meminimalisir kesalahan dalam pemilihan jurusan. Pengelompokan siswa diperoleh dengan menerapkan metode k-means ++. Metode ini merupakan pengembangan metode k-means untuk mengatasi permasalahan inisialisasi centroid. Hasil pengujian menunjukkan bahwa metode k-means ++ mampu mengelompokkan siswa tehadap jurusan peminatan di SMA Antartika Sidoarjo. Validasi hasil klaster menggunakan SSE menunjukkan k-means lebih baik daripada k-means++. Sedangkan berdasarkan Silhoutte Coefficient, k-means ++ bisa meningkatkan nilai kepercayaan terhadap keanggotaan setiap klasternya dibandingkan k-means standar.   

Copyrights © 2022