Jurnal Basicedu
Vol 6, No 6 (2022): December 2022

Pengembangan Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Sekolah Dasar

Elidad Gloria Pas (Universitas Kristen Satya Wacana)
Krisma Widi Wardani (Universitas Kristen Satya Wacana)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran IPS SD, serta rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VI pada 3 SD di Gugus Kanigoro, Kecamatan Tingkir, Salatiga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengembangan buku saku berbasis mind mapping dan apakah buku saku berbasis mind mapping layak digunakan untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VI SD. Penelitian ini menggunakan model R&D yang dimodifikasi oleh Sukmadinata dengan tahapan yang dilakukan adalah tahap studi pendahuluan dan pengembangan produk. Pada tahap pengembangan produk menggunakan model pengembangan ADDIE. Prosedur pengembangan buku saku berbasis mind mapping yang telah dilakukan adalah Analysis, Design dan Development. Untuk mengetahui kelayakan dari buku saku berbasis mind mapping maka dilakukan uji validitas oleh ahli materi dan media. Hasil uji validitas oleh ahli materi memperoleh rata-rata persentase 72,7% dengan kategori “Tinggi”, dan hasil penilaian oleh ahli media memperoleh rata-rata persentase 78,5% dengan kategori “Tinggi”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku saku berbasis mind mapping layak digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...