Jurnal Basicedu
Vol 6, No 5 (2022): October Pages 7664-9236

Pengaruh Program Literasi terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Sekolah Dasar

Nadiya Putri Utami (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Prima Gusti Yanti (Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2022

Abstract

Literasi adalah salah satu kemampuan terpenting dalam suksesnya pembelajaran. Penelitian ini berfungsi untuk mengetahui pengaruh dari penerapan program literasi terhadap hasil belajar    Bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN Bambu Apus 04 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan pre-Experimental Design dengan sampel yang digunakan merupakan siswa kelas IV SDN Bambu Apus 04 yang berjumlah 32 siswa. Teknik analisis data yaitu teknik statistik deskriptif dan inferensial. Penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata pelajaran Bahasa Indonesia terjadi peningkatan yaitu semula 55 menjadi 82,6. Selain itu dihasilkan tingkat kemampuan  dan pengasaan materi siswa dalam Bahasa Indonesia mengalami  peningkatan sesudah diterapkan Program Literasi. Setelah dilakukan program literasi pada pembelajaran Bahasa Indonesia juga dihasilkan bahwa siswa yang mencapai batas KKM meningkatyaitu semula yang mencapai KKM 6 anak (18%) menjadi 29 anak (90,625%). Penerapan Program Literasi disimpulkan memiliki pengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN Bambu Apus 04 Jakarta.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

basicedu

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Penelitian tentang ilmu kependidikan dan bertujuan membandingkan keefektifan model pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dan pendekatan discovery yaitu dengan memberi soal pemecahan masalah pembelajaran matematika terhadap kemampuan berpikir kreatif mahasiswa PGSD Universitas ...