Media merupakan alat yang dapat digunakan dalam proses mempermudah dalam melakukan sesuatu, tak terlepas dari dunia pendidikan. Media sangat membantu dalam penjelasan suatu materi agar lebih mudah dipahami, lebih ringkas dan lebih menarik. Penggunaan media pembelajaran ISpring materi IPS dipilih karena keberadaan smartphone di perguruan tinggi sangatlah berdampingan dan dibutuhkan, sehingga menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menurut ahli materi, 2) untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran menurut ahli media. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development approach (R D) dengan menggunakan model 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari empat tahap. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Secara keseluruhan, rata-rata penilaian aspek materi oleh para ahli materi diperoleh nilai 81,25. Hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25 skor ≤100% dengan kategori sangat layak, 2) Secara keseluruhan, rata-rata penilaian oleh ahli media diperoleh nilai 86,67, hasil penilaian tersebut masuk dalam rentang nilai 81,25 skor ≤100% dengan kategori sangat layak.
Copyrights © 2022