Jurnal Kajian Pariwisata
Vol 4 No 2 (2022): Jurnal Kajian Pariwisata

Seberapa Besar Kualitas Pelayanan Dapat Mempengaruhi Keputusan Tamu Menginap?

Faizal Hamzah (Unknown)
Yosef Abdul Ghani (STP ARS Internasional)
Zartian Ade Silfana (STP ARS Internasional)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan verifikatif. Adapun teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden dari populasi 3.497 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan pengujian hipotesis menggunakan uji R2 dan uji t (uji parsial). Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan dan keputusan menginap tamu masuk ke dalam kategori cukup baik. Dari hasil pengujian statistik uji R2 kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 58,1% terhadap keputusan menginap tamu, dan hasil uji t (uji parsial) diperoleh nilai T hitung sebesar 11,662 dengan nilai signifikansi yaitu 0,000. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menginap tamu di Hotel Mercure Bandung Nexa Supratman. The purpose of this study was to empirically test the influence of service quality on guest stay decisions at Mercure Bandung Nexa Supratman Hotel. . This research uses a type of quantitative research method with a descriptive and verifiative approach. The sampling technique used is purposive sampling with a sample number of 100 respondents from a population of 3,497 people. Data analysis techniques use simple linear regression analysis by hypothesis testing using the R2 test and the t test (partial test). The results of descriptive analysis show that the overall quality of service and guest stay decisions fall into the category quite well. From the results of the R2 test statistics, the quality of service had an effect of 58.1% on guest stay decisions, and the results of the t test (partial test) obtained a calculated T value of 11,662 with a significance value of 0.000. Thus, it can be known that H0 is rejected and H1 is accepted. The results of this study showed that the quality of service had a positive and significant effect on guests' stay decisions at Mercure Bandung Nexa Supratman Hotel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Physics Social Sciences

Description

Jurnal Kajian Pariwisata merupakan Jurnal yang bertujuan untuk mewadahi semua informasi hasil penelitian, telaah pustaka, makalah teknis, dan kajian buku, dari berbagai cabang Pariwisata dan Perhotelan. Diharapkan dengan adanya wadah penerbitan ini dapat berkontribusi dalam penyampaian informasi ...