AGRISCIENCE
Vol 3, No 2: November 2022

Analisis nilai tambah dan business model canvas UKM Jamu Madura (Studi kasus UKM Al-Manshurien Kamal, Bangkalan)

Abu Royhan (Program Study Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura)
Mokh. Rum (Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Usaha jamu tradisional Indonesia memerlukan optimalisasi untuk pengembangan usaha. Adapun tujuan dari penelitian ini meliputi 1) menganalisis nilai tambah produk jamu empon-empon instan UKM Al-Manshurien dan 2) menganalisis bisnis model kanvas dan memberikan perbaikan bisnis UKM Al-Manshurien. Penelitian dilakukan pada Kecamatan Kamal Kabupaten Bangkalan. Metode analisis yang digunakan pada penelitian adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah perhitungan nilai tambah Hayami dan BMC (Business Model Canvas). Data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) produk jamu empon-empon instan UKM Al-Manshurien layak dikembangkan dengan persentase nilai tambah yang tergolong tinggi 2) perbaikan bisnis diperlukan pada elemen customer relationship, channels, revenue streams, key resources, key activities, key partners, dan cost structure. Untuk elemen costumer segments dan value proposition tidak perlu perbaikan dan hanya perlu dipertahankan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

agriscience

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: Agribusiness, Agriculture Economics, Social Science, Rural Development, Rural Sociology, Risk Management, Agriculture Extension, Financial Management, Marketing Management, Human Resource ...