Pi: Mathematics Education Journal
Vol. 5 No. 2 (2022): Oktober

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Faradiba Jabnabillah (a:1:{s:5:"en_US"
s:24:"Institut Teknologi Batam"
})

Widya Reza (Institut Teknologi Batam)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Pada dunia pendidikan saat ini, guru dituntut untuk menggunakan berbagai macam media dalam proses belajar mengajar di kelas. Adanya media dapat dijadikan alat untuk membangkitkan minat belajar siswa. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan adalah Geogebra. Aplikasi ini dikembangkan untuk proses belajar mengajar matematika di sekolah dengan beberapa kegunaan yaitu: sebagai media pembelajaran matematika, alat bantu membuat bahan ajar matematika dan sebagai media dalam menyelesaikan soal matematika. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan aplikasi GeoGebra terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMK Putra Jaya School Batam pada kelas X TKJ dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan metode uji t, analisis regresi sederhana dan koefisien determinasi. Hasil pada penelitian ini menjelaskan bahwa respon siswa dalam menggunakan aplikasi GeoGebra berpengaruh terhadap minat belajar secara signifikan. Sementara itu, pengaruh dari variabel respon siswa terhadap minat belajar bernilai positif yang artinya jika respon siswa meningkat maka minat belajar juga akan mengalami peningkatan. Sedangkan pada koefisien determinasi menunjukkan hasil bahwa respon siswa memiliki proporsi pengaruh terhadap minat belajar sebesar 47,5% pada pembelajaran matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pmej

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Pi: Mathematics Education Journal is issued as an academic journal and devoted to the publication of research papers in the field of mathematics education. Mathematics education should be interpreted to mean the whole field of human ideas and activities that could affect the teaching and learning of ...