Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)


PENGARUH STRATEGI COMMUNICATION DALAM MARKETING 4.0 TERHADAPA PURCHASE DECISION MELALUI BRAND ADVOCACY PADA E-COMMERCE SHOPEE

Darwin, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2020

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh konsep strategi komunikasi pada Marketing 4.0 di perusahaan e-commerce Shopee terhadap keputusan pembelian sampai kepada pembeli menjadi seorang penganjur pembelian. Adapun konsep Marketing 4.0 yang penulis maksud adalah terbatas pada konsep Taktik Crown-Combo pada Strategi Conversation pada daya tarik Adveritising pada Celebrity Endorsement, Sales Promotion pada Discount dan Digital Marketing pada e-WOM serta Costumer Path 5A pada Purchase Decision dan Brand Advocacy. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan penentuan populasi seluruh pengguna e-commerce Shopee di DKI Jakarta dengan pembatasan penyebaran kuesioner selama masa PSBB yang kemudian mengambil sampel sebanyak 119 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis Structural Ecuation Modelling (SEM) dengan program AMOS 22. Penelitian ini menghasilkan variabel Celebrity Endorsement, e-WOM dan Discount berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Decision melalui Brand Advocacy. Dibuktikan dengan nilai CR masing masing hipotesis lebih besar dari 1,96 (CR>1,96) dan masing-masing hipotesis memiliki signifikansi probability lebih kecil dari 0,05 (P<0,05).

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...