Artikel ini menganalisis reaksi pasar di Indonesia terhadap peristiwa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode studi peristiwa untuk menghitung perbedaan abnormal return (AR) dan CAR dalam 10 hari perdagangan sebelum dan setelah pengumuman kasus terkonfirmasi covid-19 pertama kali di Indonesia. Populasi yang digunakan adalah perusahaan subsektor hotel, pariwisata, restaurant, farmasi, telekomunikasi dan makanan minuman. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yang didapat sebanyak 53 perusahaan sampel dari 75 perusahaan. Ditemukan bahwa terdapat perbedaan signifikan AR sebelum dan setelah pengumuman terkonfirmasi covid-19 pertama di Indonesia. Selain itu juga terdapat perbedaan signifikan negatif CAR subsektor hotel pariwisata dan restaurant namun tidak terdapat perbedaan signifikan pada subsektor farmasi, telekomunikasi dan makanan minuman sebelum dan setelah pengumuman covid-19 pertama di Indonesia
Copyrights © 2020