Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)


ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI CUSTOMER SATISFACTION MENUJU CUSTOMER LOYALTY PADA APLIKASI POINT OF SALES (POS) XYZ DI JABODETABEK

Shaupindo, Verawati Kanesia (Unknown)
Yulian, Muhammad Adi (Unknown)
Kartono, Rano (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2021

Abstract

Teknologi aplikasi kasir telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. UMKM yang memfokuskan diri bertumbuh menjadi usaha yang memberikan keuntungan menyadari pentingnya penggunaan Point of Sale (POS). POS XYZ memberikan manfaat UMKM dalam mengelola penjualan. Banyaknya UMKM yang belum menggunakan POS menjadi peluang bagi XYZ mengembangkan bisnis. Perlu diteliti fakor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pengguna POS XYZ. Terlepas dari itu, belum ada penelitian yang meneliti pengaruh persepsi harga, persepsi resiko, kepercayaan, kualitas layanan elektronik, dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan POS XYZ. Penelitian ini bertujuan meneliti loyalitas pelanggan POS XYZ pada UMKM Jabodetabek. Data dikumpulkan dari 200 kuesioner pengguna POS XYZ di Jabodetabek. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Data yang ada di analisis dengan structural equation modeling. Penelitian ini bertujuan membantu XYZ mengembangkan bisnis dengan melihat faktor-faktor yang menjadi pengaruh pelanggan tetap loyal. Penelitian ini menemukan pengaruh positif antara persepsi harga, persepsi resiko, kepercayaan, dan kualitas layanan elektronik menuju kepuasan pelanggan, serta pengaruh positif antara persepsi harga dan kepuasan pelanggan menuju loyalitas pelanggan. Selain itu, penelitian ini menemukan tidak adanya pengaruh antara kepercayaan, kualitas layanan elektronik terhadap loyalitas pelanggan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...