Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intelektual Capital (IC), Goodwill dan Aktivitas Pemasaran terhadap nilai buku perusahaan baik secara simultan maupun parsial. Berbagai pemangku kepentingan telah lama meminta perusahaan untuk secara sukarela mengungkapkan sumber daya intelektual mereka sehingga menjadi pertimbangan investor untuk melihat kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis yang bersifat deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel yaitu menggabungkan antara data cross section dan time series periode 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan teknologi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 10 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yakni laporan keuangan bersumber dari publikasi perusahaan melalui website Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modal intelektual tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (2) goodwill berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) aktivitas pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.
Copyrights © 2021