Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi)


PENGARUH INTELEKTUAL CAPITAL (IC) GOODWILL DAN AKTIVITAS PEMASARAN TERHADAP NILAI BUKU PERUSAHAAN

Aulia, Suci Syifa (Unknown)
Haryono, Slamet (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Intelektual Capital (IC), Goodwill dan Aktivitas Pemasaran terhadap nilai buku perusahaan baik secara simultan maupun parsial. Berbagai pemangku kepentingan telah lama meminta perusahaan untuk secara sukarela mengungkapkan sumber daya intelektual mereka sehingga menjadi pertimbangan investor untuk melihat kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis yang bersifat deskriptif dan kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data panel yaitu menggabungkan antara data cross section dan time series periode 2015-2019. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan teknologi yang tercatat di Bursa Efek Indonesia dengan sampel sebanyak 10 perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yakni laporan keuangan bersumber dari publikasi perusahaan melalui website Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modal intelektual tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. (2) goodwill berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. (3) aktivitas pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mea

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi (MEA) Diterbitkan oleh Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Bandung dimaksudkan sebagai media informasi dan forum pengkajian bidang ilmu Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Ekonomi. Jurnal ini berisikan ...