Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana strategi marketing yang telah dilakukan oleh deswita di Jawa Timur yaitu Deswita Pujon Kidul dan Deswita Gubugklakah, dan bagaimana perbandingan hasil dari strategi digital marketing yang telah dilakukannya. Harapannya agar penelitian ini bermanfaat sebagai percontohan untuk deswita lain yang ada di Indonesia dalam merancang dan mengimplementasikan strategi digital marketing supaya tetap survive dalam menjaga keindahan deswitanya. Teknologi yang berkembang setiap waktunya adalah persoalan yang telah diketahui oleh semua khalayak dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari. Digital marketing berperan penting dalam mendukung kegiatan promosi yang dilakukan oleh masyarakat saat ini untuk mendukung segala macam kegiatan bisnisnya terutama di bidang pariwisata. Keunikan dan daya tarik yang dimiliki suatu deswita dapat menjadi potensi lokal, sehingga nantinya deswita tersebut dapat dikembangkan dengan baik supaya dapat menjadi sebuah produk wisata yang dapat menarik perhatian para wisatawan. Deswita Pujon Kidul dan Deswita Gubugklakah adalah dua deswita yang lokasinya berada di wilayah Provinsi Jawa Timur dan telah menerapkan strategi digital marketing. Oleh karena itu, penulis memilihnya sebagai sample penelitian. Hasil dari studi pustaka dengan pendekatan deskriptif, didapatkan bahwa strategi pemasaran digital di Deswita Pujon Kidul lebih bagus dibandingkan Deswita Gubugklakah yang baru merintis.
Copyrights © 2022