Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan bentuk implementasi etika profesionalisme kepada pihak internal dan eksternal atas dampak yang ditimbulkan dari kegiatan produksi perusahaan. Namun, praktik di lapangan menunjukkan bahwa penerapan CSR terkadang dinilai hanya memberikan perhatian pada pihak eksternal dan mengabaikan pihak internal. Penulisan artikel ini bertujuan untuk melakukan kajian lebih dalam terkait urgensi penerapan corporate social responsibility (CSR) dalam perusahaan. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan literature review. Artikel ini ditulis berdasarkan hasil kajian terhadap 20 artikel yang diperoleh dari data sekunder berupa database Google Scholar dan diseleksi menggunakan tiga kriteria. Berkaitan dengan hasil kajian artikel, peneliti menemukan hasil bahwa perusahaan diharuskan untuk meningkatkan strateginya agar memenangkan pasar dalam kondisi persaingan bisnis yang semakin kompetitif. Adapun urgensi penerapan CSR dalam perusahaan, yaitu dapat meningkatkan komitmen organisasi, citra perusahaan, dan kinerja perusahaan. Penerapan CSR dinilai sebagai bentuk akuntansi sosial yang penting untuk diimplementasikan dalam perusahaan, karena CSR dapat meningkatkan keseimbangan dan kesejahteraan sosial di masyarakat.
Copyrights © 2022