Dalam pendekatan konseptual tentang kemungkinan Pemasaran UMKM melalui media sosial, melalui pencarian Google Scholar periode 2012 hingga 2022 diperoleh puluhan dokumen berisi proposal dan pengalaman menarik; hal yang sama dikompilasi dalam database di Excel, memungkinkan mengatur konsultasi dan analisis untuk mengidentifikasi elemen yang dikenakan pajak pada strategi pemasaran yang sesuai melalui media sosial, selain mengeksplorasi praktik yang baik di Indonesia untuk menyediakan berbagai alat bagi perusahaan dan teknik yang telah dikembangkan dalam konteks saat ini. Dalam dokumen tersebut dianalisis evolusi pemasaran sebagai suatu disiplin dan kemampuan untuk terlibat dengan perubahan teknologi yang dikembangkan dengan kemajuan internet sebagai sarana komunikasi yang masif dan kuat, yang berkaitan dengan yang menghasilkan situs web, pentingnya kehadiran dalam media sosial dan memposisikan produk UMKM di pikiran konsumen pada posisi memiliki keunggulan dibandingkan dengan produk pesaing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualiatatif dengan metode tinjauan pustaka.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022