SMK Nurul Jadid (SMKNJ) Paiton Probolinggo dalam praktik belajar mengajar saat ini masih menggunakan model pembelajaran ceramah, yaitu guru menjelaskan dan murid mendengarkan. Model pembelaran tersebut kurang efektif untuk matapelajaran praktik hal itu disebabkan siswa tidak dapat mempraktikan/melihat secara langsung. Seperti matapelajaran Agama tentang Manasik Haji, matapelajaran ini adalah matapelajaran yang sangat penting bagi siswa karena haji merupakan rukun islam yang ke lima jika salah dalam menjalankan syarat dan rukunya maka hajinya tidak akan syah. Dari pentingya matapelajaran tersebut maka siswa harus dapat memahami matapelajaran tersebut dengan baik. Maka dari itu diperlukan sebuah inovasi pembelajaran agar proses kegiatan belajar mengajar siswa lebih menarik dan siswa dapat menyerap materi pelajaran manasik haji dengan maksimal dengan membuat aplikasi Manasik Haji berbasis virtual reality, dengan adanya aplikasi tersebut siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru karena siswa dapat melihat secara virtual lokasi haji sehingga kegiatan belajar mengajar lebih menarik. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan waterfall yang terdiri dari reuqierements definition, system and software design, implementasi and unit testing, integration and unit testing, integration and system testing dan yang terakhir maintenance. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa terbangunnya aplikasi 3D Simulasi Manasik Haji Berbasis Virtual Reality yang  dapat membantu guru di SMKNJ dalam menjelaskan tentang manasik haji pada matapelajaran Agama Islam agar lebih interaktif dan menarik serta dapat membantu siswa dalam memahami materi matapelajaran manasik haji yang disampaikan oleh guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022