Media digital atau Gadget menjadi perangkat teknologi yang sering digunakan oleh masyarakat umum baik dewasa, remaja maupun anak. Penggunaan media digital atau gadget secara intensif dapat menyebabkan dampak negatif diantaranya Kesehatan, perkembangan kognitif, motoric, Bahasa, social dan emosional. Penguatan peran orangtua dalam mengkontrol dan membatasi penggunaan media digital dengan edukasi dan peran orangtua dengan menggunakan catatan harian 48 jam tanpa gadget. Tujuan intervensi ini adalah untuk membatasi dan mengontrol penggunaan gadget dengan menganalisis lama penggunaan media digital sebelum dan sesudah intervensi pada anak-anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 24 Kota Malang. Metode yang digunakan dalam intervensi ini adalah penyuluhan, tahapannya dengan memberikan penyuluhan atau edukasi dan tanya jawab. Sasaran dalam intervensi ini adalah orangtua anak-anak di TK. Hasil intervensi dengan melihat indicator capaian hasil Bivariate pre dan post lama penggunaan media digital dengan menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank dengan p value= 0,001 (p<0,05) sehingga Ho ditolak. Artinya terdapat perbedaan lama penggunaan media digital setelah diberiakan catatan harian. Kegiatan ini dapat mengontrol dan membatasi anak dalam menggunakan media digital.
Copyrights © 2023