JISOS: Jurnal ilmu sosial
Vol. 1 No. 11: Desember 2022

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN PKn PADA MATERI NILAI -NILAI PANCASILA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI BADDURIH KECAMATAN PADEMAWU KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Rasidi Rasidi (Kepala SDN Baddurih Kecamatan Pademawu Pamekasan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Media adalah alat bantu pembelajaran yang secara sengaja dan terencana disiapkan atau disediakan guru untuk mempresentasikan dan/atau menjelaskan bahan pelajaran, serta digunakan siswa untuk dapat terlibat langsung dengan pembelajaran yang sedang dilaksanakan. Peralatan yang digunakan dalam kelas dapat digunakan untuk mengerjakan suatu tugas, tempat menulis pelajaran, membuat grafik, menampilkan gambar atau tabel, memberikan penjelasan, mengamati dan mempelajari hasil penghitungan, menyelidiki suatu pola, dan berlatih soal-soal (Muhsetyo Gatot, 2007 : 2.3). Kegiatan penelitian ini secara prosedural mempergunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Penggunaan prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dalam penelitian meningkatkan prestasi PKn pada materi Nilai nilai Pancasila di kelas V SDN. Baddurih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan Tahun Pelajaran 2019/2020. Sebelum penelitian dari 15 siswa, yang berhasil hanya 7 siswa dan yang gagal 8 siswa, dengan nilai rata-rata 63,7. Pada perbaikan pembelajaran siklus 1 yang berhasil 10 siswa yang gagal 5 siswa, dengan rata-rata nilai 71,6. Sedangkan pada pelaksanaan perbaikan pembelajaran siklus 2 yang berhasil 15 siswa dan yang gagal 2, dengan nilai rata-rata 80,5. Dengan demikian terbukti bahwa dengan menggunakan alat peraga dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran PKn pada siswa kelas V SDN Baddurih Kecamatan Pademawu Kabupaten Pamekasan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISOS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL ILMU SOSIAL one of the journals published by the Bajang Institute, was established in each month and with printed version of ISSN: 2828-3376 and the online version of ISSN:2828-3368 For submitting your article, please follow this link and follow the author guidelines in this link to meet our ...