Telah dilaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) di SDN Lepelle 2 Kecamatan Robatal Sampang ., dengan judul “Upaya meningkatkan motivasi guru dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran di SDN Lepelle 2 Kec. Robatal Sampang . pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyelenggaraan supervisi akademik terhadap peningkatan motivasi guru dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran. Penelitian dirancang dalam 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan revisi. Tindakan yang dilakukan ialah supervisi yang dilanjutkan dengan penagihan komitmen dan bimbingan. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah pengamatan dan wawancara. Sedang metode analisis data yang digunakan ialah metode diskriptif-comparatif. Hasil penelitian, secara kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan motivasi guru dalam menyusun silabus dan RPP dari siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Pada siklus 2, demikian pula pada siklus 3. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik yang ditindaklanjuti dengan penagihan komitmen dan bimbingan memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap peningkatan motivasi guru dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran.
Copyrights © 2022