JISOS: Jurnal ilmu sosial
Vol. 1 No. 11: Desember 2022

UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PERSIAPAN PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK PADA SEMESTER GANJIL DI SDN LEPELLE 2 ROBATAL SAMPANG TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Mohammad Sjamsul Arifin (SDN Lepelle 2 Sampang)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2022

Abstract

Telah dilaksanakan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) di SDN Lepelle 2 Kecamatan Robatal Sampang ., dengan judul “Upaya meningkatkan motivasi guru dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran di SDN Lepelle 2 Kec. Robatal Sampang . pada semester ganjil Tahun Pelajaran 2020/2021”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penyelenggaraan supervisi akademik terhadap peningkatan motivasi guru dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran. Penelitian dirancang dalam 3 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi dan revisi. Tindakan yang dilakukan ialah supervisi yang dilanjutkan dengan penagihan komitmen dan bimbingan. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah pengamatan dan wawancara. Sedang metode analisis data yang digunakan ialah metode diskriptif-comparatif. Hasil penelitian, secara kuantitatif menunjukkan adanya peningkatan motivasi guru dalam menyusun silabus dan RPP dari siklus 1, siklus 2 dan siklus 3. Pada siklus 2, demikian pula pada siklus 3. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan supervisi akademik yang ditindaklanjuti dengan penagihan komitmen dan bimbingan memiliki pengaruh cukup signifikan terhadap peningkatan motivasi guru dalam menyusun perangkat persiapan pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JISOS

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

JURNAL ILMU SOSIAL one of the journals published by the Bajang Institute, was established in each month and with printed version of ISSN: 2828-3376 and the online version of ISSN:2828-3368 For submitting your article, please follow this link and follow the author guidelines in this link to meet our ...