Jurnal Administrasi Bisnis
Vol 2, No 2 (2022): December

ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHATANI BROKOLI DI KELOMPOK TANI UTAMA DESA CIHERANG KECAMATAN PACET KABUPATEN CIANJUR

Rosda Malia (Fakultas Sains Terapan Universitas Suryakancana)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Brokoli memiliki berbagai keunggulan sehingga konsumsinya cenderung meningkat. Kelompok Tani Utama merupakan kelompok tani dengan komoditas unggulannya yaitu brokoli. Harga jual brokoli selalu mengalami kenaikan dan penurunan secara tiba-tiba sehingga diperlukan analisis dari aspek finansial untuk menilai layak atau tidaknya usahatani dari sisi finansial. Penelitian ini betujuan untuk : (1) menganalisis kelayakan usahatani brokoli dari aspek finansial di Kelompok Tani Utama (2) menganalisis sensitivitas usahatani brokoli terhadap perubahan biaya produksi dan harga jual di Kelompok Tani Utama. Metode penentuan responden dengan sampling purposive. Jumlah petani responden yang digunakan sebanyak 10 orang. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan analisis finansial dengan alat analisis berikut : NPV, BEP, Net B/C, PP dan uji sensitivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  usahatani brokoli di Kelompok Tani Utama pada tingkat suku bunga sebesar 10% dinilai layak untuk diusahakan dengan NPV sebesar Rp350.476.365, BEP produksi sebesar 97.436 kilogram, BEP harga sebesar Rp6.558, nilai Net B/C sebesar 1,5 dan payback period selama 10 bulan. Adapun hasil analisis sensitivitas terhadap kenaikan biaya produksi sebesar 10%, penurunan harga jual 10% dan kenaikan biaya produksi 10% sedangkan harga turun 10%, masing-masing kondisi menghasilkan nilai-nilai dari tiap kriteria investasi yang menunjukkan bahwa usaha tani brokoli masih layak untuk diusahakan. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jubis

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

jurnal hasil penelitian yang berkaitang dnegan ilmu pengelolaan sumber daya manusia, logistik, operasional, pemasaran, hingga manajemen perusahaan. Adapun ruang lingkup jurnal sebagai berikut : Administration, Business Ethics, Consumer behavior, Digital Marketing, Entrepreneurship, Management, ...