Jurnal Ilmiah IT CIDA : Diseminasi Teknologi Informasi
Vol 8 No 2: Desember 2022

Perencanaan Strategis Electronic Social Customer Relationship Management untuk Peningkatan Keterlibatan Pelanggan

Callista, Marlline (Unknown)
Kosasi, Sandy (Unknown)
Wingdes, Irawan (Unknown)
Syarifudin, Gusti (Unknown)
Yuliani, I Dewa Ayu Eka (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Perubahan perilaku pada konsumen menciptakan kebutuhan akan keterlibatan pelanggan. Namun, penggunaan media sosial yang belum maksimal dan akses informasi yang masih terbatas, membuat vihara kesulitan dalam memonitor dan merespon umatnya secara menyeluruh. Penelitian bertujuan merancang strategis e-SCRM dalam rangka meningkatkan keterlibatan umat dalam vihara. Metode penelitian menggunakan Design Science Research (DSR). Metode perencanaan strategis e-SCRM menggunakan Model Strategis SI/TI, serta RAD (Rapid Application Development) untuk perancangan artefak penelitian. Hasil pengujian menunjukkan perencanaan strategis e-SCRM mendapatkan nilai keterlibatan sebesar 112,56% dengan kategori Engagement Rate Value Range yaitu High Engagement Rate untuk akun dibawah 5000 pengikut, yang menunjukkan bahwa perencanaan strategis e-SCRM efektif dan memiliki potensi untuk digunakan meningkatkan keterlibatan umat vihara. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

itcida

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal IT CIDA adalah terbitan berkala ilmiah yang terbit 2 nomor per volume yang fokus pada bidang teknologi informasi, komunikasi dan komputer dalam bentuk akumulasi pengetahuan baru, pengamatan empiris atau hasil penelitian, dan pengembangan gagasan ...