Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar matematika berbantuan FlipHtml5 yang memenuhi syarat valid dan praktis untuk memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) siswa kelas VIII SMP/MTs pada materi koordinat kartesius. Model pengembangan yang digunakan adalah model Borg and Gall, yang terdiri dari sepuluh tahapan, namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap ke-7 yaitu: (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; dan (7) revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan angket. Intrumen pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar wawancara, lembar observasi, lembar validasi dan angket respon siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis validitas dan analisis praktikalitas. Bahan ajar divalidasi oleh tiga orang validator dan direvisi sesuai saran validator, serta diujicobakan kepada 6 orang siswa SMP Negeri 8 Pekanbaru untuk melihat kepraktisan bahan ajar. Hasil validasi bahan ajar 87,91% dengan kategori sangat valid. Hasil uji coba produk 90,16%, dengan kategori sangat praktis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan praktis untuk digunakan siswa kelas VIII SMP/MTs. Kata kunci: Bahan Ajar, FlipHtml5, Kemampuan Pemahaman Matematis, Koordinat Kartesius
Copyrights © 2022