Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 6 (2022): Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pendampingan Menggunakan Google Form Untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran Hybrid Learning

Mar’atul Afidah (UNIVERSITAS LANCANG KUNING)
Sri Wahyuni (Universitas Lancang kuning)
Rikizaputra Rikizaputra (Universitas Lancang kuning)
Desi Nori Sahputri (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran Hybrid Learning telah menjadi alternative dalam menghadapi kejenuhan berlajar pada musim pandemic yang telah menurun garfik penyebarannya. Namun tetap menjalankan kewaspadaan dan protocol kesehatan dalam penyebarannya. Sekolah yang menerapkan pembelajaran hybrid learning adalah SMA Budhi Luhur di kota Pekanbaru. SMA Budhi Luhur adalah salah satu sekolah tingkat Tas swasta adalah salah satu tempat lokasi mitra pengabdian dosen prodi Pendidikan Biologi FKIP UNILAK. Jarak lokasi dengan tempat tinggal tim pengabdi yang dekat dengan lokasi mitra menjadi dasar untuk pengabdian dilaksanakan pada lokasi tersebut. Mitra pengabdian tersebut mitra pengetahuan guru masih kurang dalam mengevaluasi proses pembelajaran hybrid learning yang diterapkan, khusunya identifikasi miskonsepsi siswa sebagai hasil belajar. Evaluasi belajar yang biasa dilakukan guru belum bisa mengungkap siswa yang paham konsep, tidak paham konsep atau miskonsepsi. Selain itu kurangnya pengetahuan guru dalam memanfaatkan teknologi digital belajar untuk melakasanakan evaluasi hasil belajar.Oleh sebab itu guru merasa perlu untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam menggunakan teknologi digital belajar google form untuk identifikasi miskonsepsi yang muncul dari hasil belajar hybrid learning. Pelatihan ini diikuti oleh semua guru mata pelajaran yang berjumlah 9 orang. Pada tahap awal guru diperkenalkan dengan alat evaluasi google form, dengan melakukan presentasi materi. Kemudian guru melakukan pelatihan pendampingan pembuatan google form sebagai alat evaluasi belajar dan teknik CRI sebagai teknik identifikasi miskonsepsi. Kegiatan pendampingan memberikan pengetahuan guru dan keterampilan bagi guru untuk menggunakan teknologi digital berupa google form untuk identifikasi miskonsepsi dalam pembelajaran Hybrid Learning yang diterapkan sekolah. Diperoleh dari hasil evaluasi kegiatan bahwa guru mengalami peningkatan pengetahuan dan mengamalami penurunan tingkat miskonsepsi. Dengan demikian kegiatan ini dapat bermanfaat untuk meningkatakan kompetensi pendudkung bagi guru di SMA Budhi Luhur Kota Pekanbaru.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dinamisia

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

Focus and Scope of Jurnal Dinamisia is a National Journal based on the results of Community Service Activities in Applied Science and Social ...