Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar
Vol. 7 No. 2 (2022): Volume 07, Nomor 02, Desember 2022

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Rati Syafiana Putri (Ressyanisyafputri22@gmail.com)
Iis Aprinawati (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)
Fadhilaturrahmi (Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai)



Article Info

Publish Date
22 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara siswa pada tema peduli kepada makhluk hidup melalui model cooperative script kelas IV SDN 016 Bangkinang Kota. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini model cooperative script dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus, tiap siklus dilaksanakan 2 kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa pada sebelum tindakan 55,76%. Kemudian dilakukan tindakan perbaikan dengan menggunakan model cooperative script Pada siklus I Pertemuan I ada peningkatan menjadi 70,96% lalu pada siklus I pertemuan II keterampilan berbicara siswa terjadi peningkatan 74,46%. Pada siklus II pertemeuan I keterampilan berbicara siswa meningkat 77,15% kemudian pada siklus II pertemuan II keterampilan berbicara siswa meningkat lagi menjadi Lagi 81%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa model Cooperative Script dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada tema peduli terhadap makhluk hidup di kelas IV SDN 016 Bangkinang Kota.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pendas

Publisher

Subject

Other

Description

Pendas : Jurnah Ilmiah Pendidikan Dasar is a journal published twice a year, namely in June and December that aims to be a forum for scientific publications to pour ideas and studies complemented with the results of research related to primary school education. To achieve this, basic education ...