Bank soal merupakan kebutuhan penting di sekolah, sebagai media evaluasi pembelajaran. Bank soal yang berkualitas, dapat membantu dalam menganalisa kemampuan kognitif peserta didik. Pada akhirnya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggunakan dataset berupa pokok soal dari soal PG, yang di dalamnya terdapat stimulus yang berupa text. Soal akan diklasifikasi berdasarkan level kognitif Puspendik, yaitu level pengetahuan dan pemahaman (L1), level aplikasi (L2) dan level penalaran atau HOTS (L3). Tidak semua soal menggunakan kata kerja operasional. Proses penelitian dilakukan dalam 3 tahap, yaitu pengumpulan dan labeling dataset, preprocessing, training model, dan testing data. Penelitian dilakukan dengan Bag Of Words, TF-IDF, Latent Semantic Analysis  dan metode Support Vector Machine. Hasil uji coba menunjukkan tingkat akurasi dalam mengklasifikasi soal L1 sebesar 64,67%, L2 75,42% dan L3 25,83%. Tingkat akurasi secara keseluruhan dicapai, pada saat ujicoba 30% data testing, yaitu 61,54%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020