Strategi pemasaran saat ini sangat diperlukan untuk menarik minat konsumen untuk membeli produk karena adanya persaingan bidang ekonomi yang sangat ketat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media Online untuk menarik minat beli produk kemplang juga untuk memberi gambaran pengaruh Penggunaan Media Online terhadap minat beli produk kemplang. Penelitian ini menggunakan variable bebas dan terikat, penggunaan media Online sebagai variabel bebas, sedangkan minat beli produk kemplang sebagai variabel terikatnya. Populasi penelitian ini adalah warga desa Mangkujajar pengguna media online yang memproduksi kemplang dan diambil sampel sebagian untuk di jadikan responden dengan cara acak, instrumen yang di gunakan adalah instrumen angket tertutup dengan indikator penggunaan media online: kelengkapan informasi, evektifitas waktu, kenyamanan, kepercayaan konsumen, dan kualitas pelayanan, dan indikator minat beli: refrensial, transaksional, prefrensial, eksploratif dan kualitas produk. teknik penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan mulai dari rumusan masalah sampai dengan pengumpulan data, antara penggunaaan media online dan minat beli produk Kemplang desa Mangkujajar dan ditunjang analisis data statistik yang telah dipaparkan di atas, maka bisa dikatakan bahwa antara variabel X dengan variabel Y ada hubungan yang signifikan. dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Ada pengaruh penggunaan media online terhadap minat beli produk Kemplang desa Mangkujajar dapat dibuktikan kebenaranya. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media online termasuk efektif sebagai media pemasaran produk Kemplang desa Mangkujajar, jika lebih aktif dan intens untuk mengunggah atau mengupdate tentang produk Kemplang. Kata Kunci: Media Online, Minat Beli
Copyrights © 2022