JABE (Journal of Applied Business and Economic)
Vol 9, No 1 (2022): JABE (Journal of Applied Business and Economic)

PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN MELALUI KEPUASAN PELANGGAN PADA STARBUCKS COFFEE DI KOTA MAKASSAR

Jusni Ambo Upe (Universitas Hasanuddin)
Ahmadi Usman (Politeknik Negeri Ujung Pandang)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2022

Abstract

Konsep green marketing sekarang ini mengalami perkembangan disebabkan adanya tuntutan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Atas dasar tuntutan ini, banyak perusahaan telah sadar bahwa perlunya mengimplementasikan konsep green marketing dalam rangka memberikan kepuasan kepada konsumen. Selain itu, kepuasan pelanggan diduga dapat berpengaruh kuat terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada Starbucks Coffee di Makassar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 250 mahasiswa di tiga perguruan tinggi di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan metode analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing memiliki hubungan signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan berdasarkan aspek pengaruh langsung maupun tidak langsung

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JABE

Publisher

Subject

Description

JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a journal published by Universitas Indraprasta PGRI, issued four times in one year. JABE (Journal of Applied Business and Economic) is a scientific publication in the form of conceptual paper and field research related to business and economic ...