Konsep green marketing sekarang ini mengalami perkembangan disebabkan adanya tuntutan masyarakat yang peduli terhadap lingkungan. Atas dasar tuntutan ini, banyak perusahaan telah sadar bahwa perlunya mengimplementasikan konsep green marketing dalam rangka memberikan kepuasan kepada konsumen. Selain itu, kepuasan pelanggan diduga dapat berpengaruh kuat terhadap loyalitas pelanggan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai variabel mediasi pada Starbucks Coffee di Makassar. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada 250 mahasiswa di tiga perguruan tinggi di Kota Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penggunaan metode analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing memiliki hubungan signifikan dan positif terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan berdasarkan aspek pengaruh langsung maupun tidak langsung
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022